Translate

Kamis, 11 Oktober 2012

6 Kondisi Tangan yang Menandakan Penyakit


Tangan Anda bisa menjadi petunjuk adanya suatu gangguan kesehatan di dalam tubuh sebelum memutuskan untuk menemui dokter.
Simak penjelasannya berikut, yang dilansir melalui medicmagic (10/10).

Tangan berkeringat
Biasanya terjadi bila Anda sedang cemas atau gugup. Namun, bila sering terjadi tanpa sebab yang jelas, mungkin Anda mengalami gangguan kelenjar tiroid atau penyakit jantung.

Telapak tangan memerah
Kondisi ini bisa menjadi sinyal adanya gangguan hati. Selain gangguan ini, telapak tangan merah juga menjadi petunjuk penyakit rheumatoid arhritis dan gangguan tiroid.


Tangan gemetar
Jika terlalu sering mengalami gemetar tak terkendali di tangan bisa menjadi peringatan dini adanya penyakit parkinson, yang mempengaruhi sistem saraf, termasuk gerakan otot tubuh.

Kuku berubah warna
Kuku yang sehat cenderung memiliki warna merah muda. Namun, jika kuku Anda berwarna kuning kehijauan, mungkin terjadi infeksi jamur. Dalam kasus-kasus tertentu, perubahan warna kuku menjadi tanda awal penyakit paru-paru.
Kuku berbentuk sendok

Normalnya, kuku sehat akan berbentuk sedikit melengkung dengan posisi mengarah ke bawah kuku. Jika kuku terlihat berlainan arah atau cekung ke atas seperti sendok, mungkin Anda menderita kekurangan zat besi atau anemia. Kuku rapuh yang tidak wajar juga menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius, seperti kanker paru-paru dan penyakit jantung.

Kulit tangan kering
Kondisi ini memberi petunjuk awal gangguan tiroid sehingga hilangnya kelembaban kulit. Kulit tangan kering juga dapat mencerminkan adanya alergi atau gangguan sensitivitas kulit yang disebabkan oleh pemakaian produk kosmetik tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar