Translate

Sabtu, 13 Oktober 2012

Tips Melawan Kulit Berminyak Ala Selebritas


Memiliki kulit normal memang lebih mudah dalam perawatan. Persoalannya, tak semua orang beruntung memilikinya. Sebagian ada yang dianugerahi kulit kering, hingga tanda-tanda penuaan muncul begitu cepat dan wajah terkesan kusam. 

Sebaliknya, memiliki kulit normal cenderung berminyak. Kulit berminyak pun tidaklah nyaman. Wajah terkesan mengkilap, bedak jadi sulit untuk rata di kulit. Mungkin yang paling menjengkelkan, berpotensi menimbulkan masalah baru: jerawat.

Mengutip pernyataan Mayo Clinic, produksi minyak berlebih merupakan penyebab munculnya noda sehingga harus dilakukan pencegahan. Tidak hanya itu, kulit berminyak rawan tumbuh jerawat, sehingga perlu resep untuk mengatasinya. 

Tak heran, bila akun twitter dokter kulit Lilian Khan, MD, kebanjiran pertanyaan dari pasien tentang cara merawat kulit mengkilap atau berminyak. Ini memang masalah serius dalam cuaca panas dan lembap.

Dalam artikelnya di Arabnews, Lilian mengakui kondisi kulit wajah berminyak menjadi problem memalukan bagi sebagian orang, bahkan bisa menimbulkan stres. Oleh karena itu, Lilian memberikan beberapa tips perawatan kulit berminyak. 



“Di masa lalu, saya melihat banyak pasien saya berasumsi bahwa pembersihan berlebihan dibutuhkan untuk mengontrol kulit berminyak. Semakin banyak mencuci wajah lebih baik ;kan? Itu salah,” kata Lilian.

Setelah menjadi dokter kulit, Lilian menyadari, semakin Anda mencoba untuk mengeringkan kulit berminyak, kulit Anda justru semakin meningkatkan produksi sebum (yang membuat kulit berminyak dan bersinar).

Sebaiknya, tetap meminimalkan pembersihan wajah Anda, hanya dua kali sehari yakni pagi dan malam. Itupun harus dengan pembersih berlabel untuk kulit berminyak dengan PH rendah-netral.

“Saya menyarankan pembersih dengan konsentrasi yang sangat rendah dari AHA, glycolic acid, asam salisilat 1 persen, atau pembersih non-berminyak dan non-pengeringan yang ideal,” katanya.

Pemilik kulit berminyak juga disarankan menghindari sabun terlalu sering, karena bisa mengikis lemak alami yang dibutuhkan kulit. 

Senada, seperti dilansir Livestrong, Mayo Clinic merekomendasikan perlunya perawatan harian untuk kulit berminyak yakni membersihkan dan melembapkan. 

Untuk menghapus sebum berlebih yang dapat menyumbat pori-pori, gunakan pelembap serta produk kosmetik untuk kulit berminyak.

Carilah produk dengan daftar label noncomedogonicnonacnegenic, berbasis air dan bebas minyak. Yang penting adalah hindari scrubastringents, dan formula yang bisa memicu kulit semakin berminyak.

Pembersihan wajah ada baiknya dilakukan dengan sabun nondeodorant, dan bisa ditindaklanjuti dengan krim pelembap atau lotion dua kali sehari. Ini membantu mengatasi pori-pori kulit yang terlalu besar, menghapus kelebihan minyak dan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. 

Jika kulit Anda sudah berjerawat, maka harus menggunakan produk kosmetik khusus kulit berjerawat. Untuk jerawat ringan, atasi dengan produk perawatan kulit yang mengatasi akumulasi minyak berlebih dan pertumbuhan bakteri. 

Umumnya, para dermatologis sepakat, produk yang mengandung benzoil peroksida dan asam salisilat bisa mengatasinya. 

Pemilik kulit berminyak juga harus mengenakan tabir surya SPF 30. Dermatologis di American Academy of Dermatology (AAD) mengingatkan agar pemakaian tabir surya dilakukan setiap hari.

“Penggunaan tabir surya SPF 30 untuk melindungi kulit dari dua jenis ultraviolet  UVA/UVB. Jadi jangan pernah berpikir bahwa sengatan matahari akan memperbaiki kondisi jerawat Anda. Melindungi kulit Anda dari sengatan matahari adalah penting”.

Produk tabir surya ini hendaknya yang noncomedogenic dan kurang berminyak. Peringatan lain, pemilik kulit berminyak untuk tidak menggunakan Beds Tanning.

Bukan hanya dermatologis atau dokter kulit yang punya tips mengatasi kulit berminyak. Kalangan seleb baik dalam maupun luar negeri juga punya tips mengatasinya.

Alicia Silverstone (foto: wenn.com) yang terkenal karena film "Batman & Robin" di akhir 90-an ini memiliki

kulit berminyak dan mengalami masalah jerawat selama bertahun-tahun. Ia merasa sangat terganggu dengan kondisi ini. Sebagai bintang film produktif, aktris yang pernah bermain dalam film "Scooby Doo 2: Monsters Unleashed" ini risih dengan jerawat kemerahan.

Selain itu, kulitnya yang mengkilap kerap terekam kamera. Untuk mengatasinya, bintang kelahiran San Fransisco 36 tahun silam ini, memilih melakukan diet vegetarian. Silverstone beranggapan, apa yang dikonsumsi memengaruhi kondisi kulitnya. “Kini saya terbebas dari masalah kulit ini,” katanya.

Ussy Sulistiawaty, bintang sinetron dan penyanyi, juga memiliki problem hampir sama: kulit normal cenderung berminyak di daerah T dan cenderung berjerawat.

Untuk mengatasinya, penghasil album "It's Me" ini memilih cara-cara tradisional. “Dari dulu aku selalu pakai jeruk lemon, dibelah dan langsung aku usap-usap ke muka,”  kata Ussy kepada Vista.

Bintang sinetron "Cintaku di Rumah Susun" ini sering melakukan itu, meski tidak setiap hari. “Paling kalau kulit muka sudah mulai ada gejala-gejala jerawatan atau sudah mulai terasa agak lengket,” kata istri presenter Andhika Pratama ini.

Di tengah kehamilannya kini, di wajah muncul bintik-bintik jerawat halus yang kemungkinan karena hormon berlebih. “Jadi sekarang lebih sering mengoleskan jeruk lemon ke wajah. Kalau sudah pakai, biasanya langsung sembuh,” tambahnya.

Cara itu merupakan resep orangtuanya. Tujuan awal hanya untuk mencerahkan kulit. “Ternyata manfaatnya banyak sekali, bukan hanya mencerahkan kulit. Jeruk lemon bisa menghilangkan minyak di wajah dan kulit terasa lebih segar,” ujar artis yang juga bisa mendesain sepatu.

Meski menjadi artis terkenal, Ussy mengaku tidak pernah melakukan perawatan kecantikan kulit ke dokter. “Mungkin aku terbilang mujur kali, karena jenis kulitku tergolong normal dan sedikit berminyak di daerah T. Jadi lebih mudah melakukan perawatan sendiri di rumah,” ujarnya sembari tertawa.

Menjaga kulit juga dilakukan dengan berolahraga. Minimal sekali seminggu ia menyempatkan diri berolahraga. “Kalau habis olahraga, aku merasa kulit wajahku tambah segar dan berseri-seri. Ini benar lho,” kata Ussy lagi.

Mau tahu olahraga apa yang ia lakukan? Ternyata jogging dan senam. Baginya, olahraga jenis apapun tetap bagus untuk kulit secara keseluruhan termasuk kulit wajah. 

“Itu yang aku rasakan. Karena itu, dari dulu aku nggak pernah ke salon hanya untuk melakukan perawatan muka,” jelasnya.

Ussy juga mengenakan pelembap dan tabir surya di pagi hari jika ingin beraktivitas. Khusus untuk daerah kering, ia olesi minyak zaitun. 

“Aku juga rutin dipijat, bisa seminggu sekali panggil orang datang ke rumah. Kalau pekerjaan lagi banyak, bisa pijat dua kali seminggu,” urainya.

Baginya, pijat membuat peredaran darah lancar sehingga kulit jadi lebih sehat. “Aku nggak ngerti apakah secara medis benar seperti itu, tapi aku merasakan begitu. Makanya, aku nggak pernah ke salon untuk luluran,” tambah artis yang juga berbisnis ini.

Ussy lebih percaya perawatan tradisional seperti diajarkan orangtuanya. Misalnya, selain menggunakan jeruk lemon, juga memanfaatkan mentimun, batu es, bahkan membersihkan wajah dengan uap nasi yang masih panas. 

“Kalau dulu kita masak nasi pakai kukusan dari anyaman bambu. Kalau sudah matang, nasi kan dituang ke dalam bakul. Saat masih ngebul itulah, muka kita dekatkan ke bakul,” cerita Ussy. 

Kini, tentu saja Ussy tak menggunakan bakul lagi, tapi beralih ke magic jar berisi nasi panas yang mengeluarkan uap.

Emma Stone (foto: wenn.com), bintang "The Amazing Spider-Man" ini menggunakan produk pasaran untuk mengatasi masalah kulit yakni minyak dari ekstraksi anggur.

“Setelah mandi, aku gunakan minyak ini dan aku tepuk-tepukkan di wajah. Kemudian menggunakannya sepanjang hari dan pada malam hari,” ujarnya kepada Style.com.

Minyak tersebut, katanya, berguna untuk mencegah noda di wajah sebagai akibat kulit berminyak. “Dengan menggunakannya, saya bau anggur sepanjang waktu,” ujarnya bernada canda.

Produk tersebut merupakan pelembap yang diyakininya membuat kulit lembut dan halus. “Sebenarnya pelembab ini hampir tidak berbau dan ringan dalam tekstur produk alami yang mudah diserap kulit,” jelasnya. (Iwan S/Marmi Panti Hidayah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar